Pura Gunung Pengsong Lombok

Pura Gunung Pengsong Lombok
Gunung Pengsong, di Kabupaten Lombok Barat, NTB, dapat disebut bukanlah obyek wisata umum. Terdapat beberapa hal yang dapat di nikmati pengunjung disini. Terkecuali situasi alam serta pemandangan yang masih tetap asri, tempat wisata ini dapat kaya nilai histori serta budaya.

Gunung Pengsong cuma suatu bukit batu hitam dengan rindang pohon-pohon, dengan ketinggian puncak seputar 200 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Namun yang menarik, dari puncak Gunung Pengsong, kita dapat lihat serta nikmati pemandangan indah Kota Mataram serta Lombok Barat dari beragam arah.

Di puncak ini juga, ada suatu tempat peribadatan umat Hindu, Pura Gunung Pangsung, yang konon adalah Pura pertama serta tertua di Pulau Lombok.
Gunung Pengsong terdapat di Desa Kuripan, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat, berjarak seputar 10 Km ke arah Selatan dari Bandara Selaparang, Mataram. Memakai taksi cuma seputar 15 menit dari bandara, dengan cost seputar Rp50ribu.

Satu lagi suatu keindahan yang tersaji di Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia. Gunung Pengsong. Mengulas perihal gunung di Lombok, memanglah tidak bakal terlepas dengan Gunung Rinjani. Namun tahukah Anda, Lombok juga mempunyai Gunung Pengsong yang tawarkan pemandangan alam yang cantik. Terlebih waktu daun – daun berguguran di gunung ini. Pasti terkagum!

Gunung Pengsong, di Kabupaten Lombok Barat, NTB, dapat disebut bukanlah obyek wisata umum. Terdapat beberapa hal yang dapat di nikmati pengunjung disini. Terkecuali situasi alam serta pemandangan yang masih tetap asri, tempat wisata ini dapat kaya nilai histori serta budaya.

Gunung Pengsong cuma suatu bukit batu hitam dengan rindang pohon-pohon, dengan ketinggian puncak seputar 200 mtr. di atas permukaan laut (Mdpl). Namun yang menarik, dari puncak Gunung Pengsong, kita dapat lihat serta nikmati pemandangan indah Kota Mataram serta Lombok Barat dari beragam arah.

Ditempat ini Anda bakal lihat pura dengan latar belakang pemandangan Gunung Rinjani, sawah serta laut. Terdapat di 9 km selatan Mataram, tepatnya di Desa Kuripan, Kecamatan Labuapi Lombok Barat, NTB Gunung Pengsong pas untuk Anda yang mengingkan sensasi lain waktu berwisata ke Nusa Tenggara Barat.

Lokasi seluas 11 hektar yang diputuskan juga sebagai tempat wisata mulai sejak th. 1996 ini sungguh indah. Untuk hingga ke puncak Anda mesti menaiki beberapa ratus undak – undak yang terbuat dari batu serta semen. Saat sebelum hingga di puncak, kita bakal menjumpai mata air Tirta Mumbul Sari yang umum dipakai untuk bersuci umat Hindu saat sebelum lakukan peribadatan di Pura Pengsong.

Sesampainya di atas, puncak dengan ketinggian 200 Mdpl ini Anda bakal lihat pemandangan yang luar umum Indah. Bila cuaca tengah cerah, Anda bakal lihat puncak Gunung Rinjani, sawah, permukiman warga, pemandangan dari Teluk Lembar serta Gunung Agung Bali.

Pesona inilah yang bikin Gunung serta Pura Pengsong banyak dilirik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Udaranya sejuk, pemandangannya indah. Bukan sekedar umat Hindu yang tertarik untuk datang, orang-orang biasapun pasti mau lihat hamparan keindahan puncak Pengsong.

Pura Gunung Pengsong yaitu pura pertama serta tertua di Lombok. Dalam kompleks pura ini ada tiga pura yang lain yang mewakili 3 gunung yaitu Gunung Rinjani, Gunung Meranggu serta Gunung Pengsong. Bangunan pura juga cukup apik dengan relief – reliefnya yang unik.

Menurut histori, pura ini di bangun oleh Betara Wayan Sebali, seseorang pandita Hindu dari Geria Pendem Karangasem Bali pada th. 1514. Nah, lantaran adalah tempat peribadatan suci, wisatawan mesti mentaati sebagian ketentuan seperti melilitkan kain selendang berwarna kuning di pinggang serta untuk wanita yang datang bln. dilarang bertandang.

Walaupun terhitung tua, tetapi pura ini masih tetap sangatlah tertangani lantaran sehari-harinya masih tetap dipakai umat Hindu beribadat. Spesial ketika perayaan hari – hari besar agama Hindu, pura ini tertutup untuk umum.

Suguhan wisata yang dapat di nikmati yaitu beberapa ribu monyet yang berkeliaran, dari mulai bawah kaki gunung hingga puncak. Selama jalan bakal ditemani oleh segerombolan Kera, dengan spesies Macaca fascicularis yang termasuk juga primata tua endemik Indonesia.

Iklan
Categories: Wisata | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: